5 Cara Mengatasi Ketagihan Junk Food

doktersehat-anak-makan-burger-junk-food

Tak dapat dipungkiri makanan junk food memang sangat menggoda untuk anak-anak maupun dewasa. Rasa dan tampilan junk food yang menggugah selera membuat anak selalu tertarik untuk menyantapnya. Namun mengonsumsi junk food dapat membuat anak ketagihan dan memicu komplikasi lainnya seperti obesitas, diabetes, bahkan depresi.

Makanan junk food banyak mengandung lemak akibat proses memasak dan penggorengan pada suhu tinggi. Makanan yang diproses dengan cara tersebut tidak memiliki bakteri probiotik yang diperlukan tubuh. Akibatnya, tubuh seseorang menjadi kurang serotonin sehingga mudah mengalami stres dan depresi. Bagi Anda yang memiliki anak yang tak bisa berhenti makan junk food, bisa mencoba cara berikut ini:

1. Jangan membeli junk food
Salah satu cara mudah untuk tidak membiasakan anak Anda makan junk food adalah dengan tidak membelinya sama sekali. Jika anak Anda masih tertarik untuk makan junk food, buatkan versi masakan rumah namun dimasak dengan cara dan bahan-bahan yang lebih sehat.

2. Siapkan camilan sehat
Cari ide camilan sehat yang banyak mengandung buah, sayuran, keju atau makanan sehat lainnya. Sajikan camilan dengan bentuk yang disukai anak agar menarik perhatiannya. Letakkan camilan di tempat yang mudah terjangkau anak-anak sehingga anak Anda langsung dapat menikmatinya.

3. Jangan memberi hadiah junk food

Jika anak Anda baru saja mendapatkan suatu prestasi atau ingin merayakan keberhasilan anak, jangan rayakan dengan memberinya junk food. Hal ini akan membuat anak merasa bahwa junk food adalah sesuatu yang layak diraih atau layak diperjuangkan. Sebaiknya hadiahi anak dengan mainan edukatif atau hal bermanfaat lainnya.

4. Beri pengertian pada anak
Anda tidak perlu dengan drastis mengubah sikap untuk anti junk food. Setiap anak meminta junk food, jelaskan padanya bahwa makanan junk food tidak memiliki gizi yang baik bagi pertumbuhannya dan berisiko bagi kesehatannya. Beri pengertian dengan baik agar mudah dipahami anak, dengan begitu anak akan mengurangi kebiasaannya makan junk food secara perlahan-lahan.

5. Jadilah contoh untuk anak-anak
Jika Anda ingin anak-anak Anda tidak lagi makan junk food, Anda bisa memulainya dari diri Anda sendiri. Mulailah untuk makan makanan sehat dan menghindari junk food, agar anak mengikuti jejak Anda.

Tinggalkan komentar