8 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan – Walaupun banyak manfaat kemangi untuk kesehatan, akan tetapi hanya segelintir orang saja yang menyukai daun dengan wangi khas yang satu ini. Daun kemangi biasanya digunakan untuk memasak pepes ayam atau ikan, supaya aroma amisnya hilang. Selain itu, daun kemangi juga bisa disantap langsung sebagai lalapan. Memiliki wangi yang khas dan rasa yang agak pedas, membuat makan jadi lebih lahap.

Daun kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum, dan memiliki kandungan gizi yang melimpah di dalamnya. Misalnya saja betakaroten, yang fungsinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kita. Ada juga vitamin C yang akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ditambah lagi adanya fosfor yang berguna untuk kesehatan tulang kita. Lalu apa saja manfaat kemangi lainnya untuk kesehatan kita?

Manfaat Daun Kemangi 

– Mampu Mencegah Stroke. Mengonsumsi kemangi bisa membuat peredaran darah kita dalam arteri menjadi lebih lancar, khasiatnya sama seperti kacang-kacangan dan ini bermanfaat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang jadi penyebab stroke.

– Bantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Juga Mulut. Karena mengandung banyak vitamin A (Betakaroten) maka daun kemangi ini sangat berkhasiat untuk mengatasi mata yang lelah, melindungi mata dari stress dan juga bisa mengharumkan bau mulut karena wanginya yang unik dan segar.

– Meningkatkan Produksi ASI. Untuk ibu yang baru melahirkan, perbanyak konsumsi daun kemangi, karena kandungan dalam daun katuk dimiliki juga oleh daun kemangi. Mengonsumsi daun kemangi secara teratur bisa membantu boosting ASI. Daun kemangi juga mengandung eugenol yang mampu membasmi jamur penyebab keputihan, lho!

– Menunda Menopouse. Wanita di atas 40 tahun harus berhati-hati, sebab di usia tersebut sudah rawan menopouse dan mengonsumsi daun kemangi dengan rutin bisa membantu menunda masa tersebut. Zat triptofan yang ada dalam daun kemangi bisa membantu kita untuk menunda masa tersebut tanpa mengkhawatirkan efek samping apapun.

– Sembuhkan Demam dan Masuk Angin. Bagi yang sering bepergian dengan kendaraan bermotor, pastikan doyan dengan lalapan yang satu ini, ya! Sebabmanfaat kemangi untuk kesehatan lainnya adalah untuk menjaga sistem imum supaya lebih kuat. Selain itu untuk balur demam pun ampuh, caranya adalah dengan meremas daun kemangi dengan parutan bawang merah dan minyak kelapa, lalu dibalurkan ke dada dan ke perut supaya demam lekas turun.

– Lancarkan Peredaran Darah. Kandungan magnesium yang terkandung di dalam daun kemangi akan membuat peredaran darah jadi lebih lancar, magnesium akan mengontrol dan membuat kerja jantung jadi lebih rileks.

– Menjaga Kesehatan Jantung. Adanya magnesium dan betakaroten memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga jantung kita supaya tetap bekerja dengan maksimal.

– Mampu Cegah Jerawat. Karena kandungan anti bakteri yang ada dalam daun kemangi, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai anti jerawat. Caranya adalah dengan menggunakan segenggam daun kemangi yang sudah dicuci bersih, lumatkan sampai halus betul dan gunakan lumatan tersebut sebagai masker. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, manfaat lainnya dari daun kemangi adalah untuk mencegah rambut yang rontok. Caranya melumatkan daun kemangi secukupnya, lalu campur dengan minyak kelapa dan jadikan masker rambut. Jangan lupa lakukan secara rutin, setidaknya dua kali dalam satu minggu dan rasakan manfaat kemangi untuk kesehatan kita.

Tinggalkan komentar