3 Cara Mengempeskan Jerawat Batu dengan Cepat

Cara mengempeskan jerawat batu memang tidak mudah. Pasalnya jerawat yang terlihat besar ini cenderung lebih susah diatasi daripada jenis jerawat biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa tips perawatan jerawat yang benar untuk menghilangkan jerawat batu.

3 Cara Mengempeskan Jerawat Batu dengan Cepat

Jerawat batu atau disebut cystic acne merupakan jenis jerawat yang memiliki ukuran cukup besar dan umumnya tumbuh dari bawah kulit atau permukaan kulit yang lebih dalam dan lebih menyakitkan dari jerawat pada umumnya. Jadi orang yang terkena jerawat batu lebih beresiko memiliki bekas jerawat berupa luka parut/ bopeng terkena jerawat.

Penyebab jerawat yang besar ini harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan langkah pengobatan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka langkah perawatan juga akan lebih tepat. Jika jerawat batu disebabkan karena faktor genetik, maka Anda harus mengurangi berbagai makanan yang dapat memicu jerawat seperti makanan berminyak. Hindari juga penggunaan produk kosmetik yang menyebabkan minyak pada wajah.

Namun jika jerawat batu disebabkan karena faktor kosmetik, sebaiknya bersihkan wajah secara teratur. Dengan membersihkan wajah secara tepat, maka kotoran penyebab jerawat bisa hilang dan jerawatpun tidak akan muncul lagi.

Cara Mengempekan Jerawat Batu

Daun sirih dan garam

Manfaat daun sirih dan garam dapat mengempeskan jerawat yang sedang meradang dengan cepat. Seperti kita tahu, daun sirih merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat antibiotik alami sehingga mampu mengatasi peradangan. Cara menggunakannya untuk menyembuhkan jerawat juga sangat mudah. Cukup merebus daun sirih dengan air yang telah dicampur dengan garam. Rebus sampai hangat dan gunakan untuk membasuh wajah yang terdapat jerawat batu. Anda juga bisa menggunakan uap panas dari rebusan daun sirih untuk menguapi wajah. Cara ini dapat membuaka pori-pori wajah agar kotoran bisa keluar.

Bawang putih dan lemon

Peras lemon dan dapatkan airnya. Gunakan untuk mengolesi wajah yang terdapat jerawat besar dan keras seperti batu. Setelah agak kering, kemudian oleskan bawang putih yang telah dipotong pada wajah. Tapi hindari mengoleskan bawang putih pada area di dekat mata. Setelah kurang lebih 10 menit, bilas wajah dengan air. Lakukan cara mengempeskan jerawat batu ini dengan teratur untuk hasil terbaik.

Lakukan olahraga dan cukup tidur

Stres akibat pekerjaan dan masalah pribadi juga akan menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini akan berakhir dengan timbulnya jerawat pada wajah, termasuk jerawat batu yang sangat mengganggu penampilan. Untuk menghindari stres, cobalah untuk lebih sering berolahraga. Anda juga harus cukup tidur agar tidak kelelahan dan terhindar dari stress.

Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi masalah jerawat yang meradang. Namun jika cara mengempeskan jerawat batu di atas masih belum mempan juga, perlu konsultasi ke dokter untuk menyembuhkan jerawat Anda.

Tinggalkan komentar