Cara Menggunakan Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong – Halo sobat semua kali ini kita akan membahas salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran panjang yang merupakan salah satu besaran pokok. Alat ukur tersebut adalah jangka sorong. Alat ukur ini sangat unik karena memiliki dua skala, yaitu skala utama yang berada di tengah dan skala nonius yang terletak di bawah. Fungsi dari jangka sorong adalah mengukur besaran panjang diantaranya mengukur diameter dalam, diameter luar serta suatu kedalaman benda. Alat ukur Jangka sorong adalah alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian yang kecil sehingga hasil pengukuran yang didapatkan lebih akurat di bandingkan alat ukur panjang yang lainnya seperti mistar.

Jangka sorong saat ini sudah dipergunakan secara luas oleh masyarakat, dari mesin otomotif, desain grafis, manufaktur pembuatan mesin, dan masih banyak yang lainnya. Mengapa alat ukur jangka sorong digunakan? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangka sorong memiliki ketelitian yang cukup akurat sehingga hasil pengukuran yang didapat sangat akurat dibandingkan dengan alat ukur lainnya.

Bagian-Bagian Jangka Sorong

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan jangka sorong, mari kita mengenal dan mempelajari bagian-bagian dari jangka sorong tersebut.

Cara menggunakan Jangka Sorong
Bagian-bagian Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur panjang yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya Skala utama yang terletak di tengah, Skala nonius yang terletak di bawah, Rahang pengatur garis tengah dalam, rahang pengatur garis tengah luar serta pengukur kedalaman. Lalu bagaimana cara menggunakan jangka sorong tersebut? Silahkan anda pilih dahulu apa yang hendak anda ukur, apakah mengukur diameter dalam, atau diamater luar serta kedalaman suatu benda? Jika anda akan mengukur panjang atau diameter luar maka anda menggunakan rahang yang bagian bawah, jika anda ingin mengukur diameter dalam maka anda menggunakan rahang yang bagian atas sedangkan kedalaman maka anda menggunakan batang besi yang ada pada bagian bawah. Silahkan anda atur gerakkan rahang geser tersebut sesuai dengan objek yang hendak anda ukur.

Cara Membaca Skala Jangka Sorong

Ketika kita sudah melakukan pengukuran dan akan membaca hasil pengukuran tersebut maka yang harus anda perhatikan adalah nilai dari skala utama dan skala nonius. Perhatikan contoh hasil pengukuran berikut ini:

Cara Membaca Skala Jangka Sorong
Cara Membaca Skala Jangka Sorong

Langkah Membaca Skala Jangka Sorong

Perhatikan gambar di atas merupakan contoh dari hasil pengukuran. Bagaimana cara membaca skala jangka sorong? Sangat mudah, dua langkah yang harus anda perhatikan

  1. Pertama lihat skala utama, Perhatikan nilai skala utama sebelum nol skala nonius. Silahkan anda perhatikan skala utama sebelum skala nol nonius adalah 2,1 cm atau 21 mm Langkah kedua silahkan anda lihat dan perhatikan nilai pada skala nonius
  2. Pada skala nonius cari skala yang membentuk garis lurus dengan skala utama yaitu 3. Hasil pada skala nonius dikalikan dengan 0,01 cm sehinga mendapatkan hasil 0,03 cm
  3. Jumlahkan Nilai yang di dapatkan pada langkah 1 dan 2 yaitu 2,1 cm + 0,03 cm = 2,13 cm

Contoh Soal Cara Menggunakan Jangka Sorong

Untuk memahami lebih lanjut tentang cara menggunakan jangka sorong serta cara membaca jangka sorong, perhatikan contoh soal berikut ini.

Jika sebuah pengukuran menghasilkan hasil sebagai berikut:

Contoh Soal Jangka Sorong
Contoh Soal Jangka Sorong

Berapakah Hasil pengukuran menggunakan jangka sorong tersebut?

Ingat, jika kita ingin menggunkan jangka sorong harus mengingat 2 langkah yang sudah dijelaskan di atas.

  1. Lihat skala utama menunjukan skala : 5,8 cm
  2. Lihat Skala nonius yang segaris dengan skala utama : 5 x 0,01 = 0,05 cm
  3. Maka Hasil Pengukuran : Skala utama + skala Nonius = 5,8 cm + 0,05 cm = 5,85 cm

Demikianlah pembahasan lengkap kita mengenai Cara menggunakan jangka sorong yang terdiri dari bagian-bagian jangka sorong, cara membaca jangka sorong, serta contoh soal cara menggunakan jangka sorong. Berikut ini cara menggunakan jangka sorong dalam bentuk flash dan animasi berikut ini, syaratnya perangkat anda harus memiliki adobe flash.


Tinggalkan komentar