Ini Kandungan pada Minuman yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

doktersehat-kehamilan-eklamsia

Pada kondisi hamil asupan makanan dan minuman ibu hamil harus diperhatikan. Kebutuhan asupan makanan yang meningkat harus dapat melengkapi berbagai kebutuhan zat gizi yang juga meningkat. Selain itu ada beberapa kandungan pada makanan atau minuman yang perlu diperhatikan agar ibu hamil tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Sehingga pemilihan jenis makanan yang tepat antara yang harus dikonsumsi dan yang harus dibatasi perlu diketahui ibu hamil.

Saat mengalami mual ibu hamil akan mengatasinya dengan cukup banyak cara salah satunya adalah dengan minum. Umumnya minuman yang dipilih adalah yang berperasa, baik alami atau buatan, atau minuman yanga memiliki khasiat khusus. Namun ternyata ada kandungan pada minuman yang perlu dibatasi atau bahkan dihindari oleh ibu hamil.

Pada beberapa jenis minuman terdapat kandungan kafein. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan ibu hamil untuk mengontrol asupan kafein selama kehamilan. Ini disebabkan kafein merupakan zat yang memiliki efek diuretik serta stimulan.

Hal tersebut menyebabkan kondisi yang dapat menganggu kesehatan ibu hamil dan janinnya. Asupan kafein yang berlebihan menyebabkan ibu mengalami dehidrasi yang sebaiknya tidak terjadi pada kondisi hamil. Selain itu asupan kafein yang berlebihan akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil. Kondisi ini juga harus dihindari untuk ibu hamil. Asupan kafein yang berlebihan dan tidak terkontrol juga akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin karena kafein dapat memengaruhi metabolisme janin yang belum sempurna.

Biasanya kita menganggap bahwa kafein hanya terdapat pada kopi saja, namun sebenarnya ada beberapa minuman lain yang kandungan kafeinnya tinggi seperti minuman suplemen energi dan minuman cokelat.
Minuman suplemen energi memiliki kandungan kafein yang paling tinggi dibandingkan dengan minuman lain.

Saat hamil ibu tentu boleh memilih minuman apa yang akan dikonsumsi, baik untuk mengatasi mual, memperoleh manfaat dari minuman atau memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Tapi jangan sampai salah pilih minuman ya.

Tinggalkan komentar