Ini Makanan Beriodium yang Baik untuk Ibu Hamil

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Kehamilan merupakan saat yang baik untuk mempersiapkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimulai sejak janin. Tumbuh kembang anak saat janin sangat didukung oleh asupan zat gizi dari ibu selama masa kehamilan. Asupan zat gizi ibu harus terpenuhi selama kehamilan baik asupan energi, zat gizi makro, serta vitamin dan mineral.

Salah satu zat gizi yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan otak janin adalah iodium. Untuk memenuhi kebutuhan iodium dapat dipenuhi dengan mengonsumsi garam yang beriodium (mengandung 70-80 ppm). Kebutuhan iodium ibu hamil bertambah 70 mikrogram setiap harinya. Namun, selain dari garam ada beberapa bahan makanan yang dapat dikonsumsi ibu hamil sebagai pilihan untuk memenuhi kebuthan iodium tambahan iodium hariannya.

 Umumnya iodium terdapat pada bahan makanan yang berasal dari laut, namun ada beberapa bahan makanan yang juga mengandung tinggi iodium seperti:

  • Campuran kacang dan buah yang dikeringkan
  • Beberapa jenis kacang-kacangan dan buah yang dikeringkan (seperti kacang merah kering/almond, kismis, plum kering) memiliki kandungan iodium. Meskipun termasuk rendah dalam 100 gram kacang dan buah kering terdapat 11 mikrogram iodium.

  • Wortel
  • Meskipun tidak banyak, kandungan iodine pada wortel cukup tinggi dibandingkan dengan sayur lainnya. Pada 100 gram wortel terdapat 15 mikrogram iodine. Sehingga jika ingin mengonsumsi wortel untuk dapat memenuhi kebutuhan tambahan iodine harian ibu hamil diperlukan 6 buah sedang wortel.

  • Jamur
  • Hampir sama dengan wortel kandungan jamur tidak dapat dikatakan tinggi untuk iodine namun, dibandingkan dengan sayur lainnya jamur memiliki 18 mikrogram iodine untuk jamur jenis shitake.

  • Alga atau rumput laut
  • Rumput laut menjadi bahan makanan yang mengandung iodum paling tinggi karena merupakan bahan makanan dari laut. Dalam 100 gram rumput laut terdapat 50 mikrogram iodium. Angka tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 3-4 sendok sayur rumput laut.

  • Ikan atau hasil laut lainnya
  • Seperti yang telah disampaikan diatas sumber makanan beriodium yang baik berasal dari laut seperti ikan, kerang, dan olahan laut lainnya. 2-3 potong sedang ikan laut segar sudah mampu memenuhi kebutuhan iodium tambahan ibu hamil.

Bahan makanan diatas dapat dipilih untuk membantu memenuhi asupan iodium ibu hamil. Meskipun makanan di atas memiliki kandungan iodium tapi garam tetap merupakan asupan iodium yang terbaik. Jadi jangan lupa untuk tetap memastikan bahwa garam yang digunakan adalah garam yang beriodium ya.

Tinggalkan komentar