Lawan Rambut Beruban di Usia Muda dengan Cara ini

Orang Indonesia umumnya memiliki rambut berwarna hitam. Kilau hitam rambut inilah yang bisa menandakan bahwa rambut tersebut subur dan sehat. Jika rambut terlihat cokelat atau bahkan putih, maka ini bisa dianggap tidak normal. Bagi mereka yang berusia lanjut, memiliki rambut dengan warna putih mungkin normal saja. Tapi bagaimana jika uban tumbuh di kepala lebih dini pada usia yang relatif muda?

Lawan Rambut Beruban di Usia Muda dengan Cara ini

Timbulnya uban pada usia muda bisa disebabkan karena banyak hal. Misalnya karena stres, kurang gizi atau faktor keturunan. Munculnya uban terlalu dini bisa saja terjadi pada pria maupun wanita. Karena itu, kita harus selalu waspada akan tumbuhnya uban pada usia muda ini.

Cara menghilangkan uban pada usia muda bisa dilakukan dengan berbagai perawatan. Jika umumnya kebanyakan orang mengatasi rambut beruban dengan cat rambut, di sini cantikkekinian akan memberikan tips yang berbeda. Anda bisa menghilangkan masalah rambut yang beruban dengan berbagai ramuan alami yang bisa dibuat sendiri. Kelebihan cara ini untuk menghilangkan uban yaitu lebih aman karena tidak menggunakan bahan kimia. Selain itu juga menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat sehingga tidak memerlukan biaya mahal.

Air teh

Inilah obat penghilang uban yang paling mudah Anda jumpai. Dengan air teh, Anda bisa menghitamkan kembali rambut yang tampak memutih agar rasa percaya diri bisa kembali. Seduh dua sendok teh dengan air mendidih, biarkan hingga dingin kurang lebih selama 24 jam. Setelah itu, gunakan air teh yang telah didiamkan ini untuk dioleskan pada rambut. Cara ini bisa efektif atasi uban di kepala jika dilakukan setiap hari.

Biji pepaya

Pepaya bukan hanya daging buahnya yang bermanfaat, tapi bijinya juga memiliki khasiat. Cara menghilangkan uban pada usia muda bisa Anda coba menggunakan biji pepaya yang telah matang ini. Panaskan(goreng tanpa minyak) biji pepaya kurang lebih 30 butir. Kemudian tumbuh sampai halus dan campurkan beberapa tetes minyak kelapa alami. Gosokkan pada kulit kepala yang terdapat uban agar meresap. Cobalah melakukan cara ini secara rutin setiap hari agar uban di kepala bisa kembali menghitam.

Bunga sepatu

Bunga sepatu juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut beruban. Ambillah bunga sepatu sebanyak 15 helai, cuci bersih dan remas hingga lendirnya keluar. Basahi rambut dan kulit kepala, kemudian oleskan lendir bunga sepatu ini secara merata. Biarkan beberapa saat hingga kering baru dibilas. Tips ini dapat menghitamkan rambut beruban hingga ke akarnya jika dilakukan secara teratur.

Rambut putih karena uban memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Tapi penggunaan semir/cat rambut terus menerus juga bisa menimbulkan efek samping bagi kulit kepala. Sebab cat rambut terbuat dari bahan kimia yang tentu bisa mengganggu kesehatan jika digunakan dalam waktu lama. Karena itu, Anda perlu mencoba cara menghitamkan rambut beruban di usia muda di atas. Namun jika gejala uban yang terjadi sudah termasuk parah dan membutuhkan penanganan serius, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapat saran yang tepat.

Tinggalkan komentar