Manfaat Penting Jalan Kaki Bagi Otak

Sehatindia – Setiap hari kita sering sekali jalan kaki.Selama ini kita hanya menganggap aktivitas jalan kaki sebagai aktivitas yang tidak berguna karena kita lebih sering menggunakan kendaraan. tapi sangat kita sayangkan sekali karena dengan melakukan optimal  dan benar, jalan kaki ternyata mampu memberi dampak positif pada fungsi otak kita.

Ada sebuah studi yang menarik terkait aktivitas jalan kaki dan dampak positifnya untuk otak.Menurut penelitiannya gerakan kaki yang sering berjalan mampu mengirimkan gelombang tekanan melalui pembuluh arteri yang secara signifikan mampu mensugesti dan meningkatkan suplai darah ke otak.

Dalam studi tersebut, para peneliti dari New Mexico Highlands University menggunakan ultrasound non invasif untuk mengukur peredaran darah hemispheric cerebral di kedua belahan otak pada 12 orang belia sehat yang sedang berdiri tegak, beristirahat, dan berjalan kalem (satu meter per detik). Para peneliti menemukan meski jalan kaki memberi efek yang tak lebih banyak daripada lari, jalan kaki tetap menunjukkan gelombang tekanan pada tubuh yang mampu meningkatkan peredaran darah ke otak.

Meski efek jalan kaki tak lebih besar daripada lari, tapi efeknya masih terbilang lebih besar dibandingkan olahraga sepeda.Data yang terbaru menyatakan bahwa peredaran darah otak sangat dinamis dan secara eksklusif bergantung pada tekanan aortik siklik (cyclic aortic pressures) yang berkaitan dengan detak tekanan retrogad dari gerakan kaki. dengan kata lain, aktivitas jalan kaki mampu membantu meningkatkan fungsi otak dan juga kebugaran tubuh secara keseluruhan atau meyeluruh.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan secara terpisah tahun lalu di jurnal Open Science, sebuah tim peneliti dari australia dan afrika selatan mengambarkan bahwa evolusi kepintaran dan kecerdikan tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran otak, tapi juga berkaitan erat dengan suplai darah ke otak.

Nah sobat sehat walaupun perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga ada kendaraan yang modern kita tetap harus meyempatkan waktu kita untuk melakukan aktifitas jalan kaki kare mempenyai dampak positif bagi otak kita.

Tinggalkan komentar