Ketahui Manfaat Senam Hamil dan Gambar Gerakannya

Manfaat senam hamil sangat efektif untuk mendukung kelancaran proses persalinan. Selain itu, dengan melakoni senam hamil, sang Ibu juga dapat meminimalisir rasa sakit akibat persalinan. Sebab, masih begitu banyak wanita yang merasa panik dan takut akan menghadapi persalinan. Terlebih untuk yang baru pertama kali. Dalam proses melahirkan, bukan hanya rasa sakit dan takut yang harus dihadapi oleh sang Ibu. Bisa jadi nyawa yang menjadi taruhannya, oleh karena itu begitu besar perjuangan dan j asa wanita yang melahirkan.

Ketahui Manfaat Senam Hamil Dan Gambar Gerakannya

Ketahui Manfaat Senam Hamil dan Gambar Gerakannya

Untuk memperlancar proses persalinan, senam hamil bisa dijalani untuk menjaga kesehatan tubuh sang Ibu dan janin di dalam kandungan. Tak hanya itu, manfaat senam Ibu hamil juga masih banyak. Apa saja itu? Simak ulasannya bersama Alami Ilmiah.

  •  Melatih teknik pernapasan

Senam hamil dapat melatih teknik pernapasan Bunda. Sebab dengan melakukan senam, Ibu hamil dapat terlatih untuk mendapat oksigen yang optimal. Jika saatnya melahirkan, sang Ibu sudah tidak kesulitan lagi untuk mengatur pernapasan.

  • Melatih relaksasi

Relaksasi pada tubuh sangat diperlukan bagi wanita yang mengalami kehamilan. Selain dapat meredam stres, relaksasi yang dilakukan juga baik untuk perkembangan janin dalam perut. Dengan melakukan senam saat hamil, maka sang Bunda bisa mengurangi rasa tegang saat menghadapi persalinan.

  • Melenturkan otot dinding perut

Banyak Ibu hamil yang mengalami keluhan nyeri pada perut. Manfaat senam hamil dapat meningkatkan elastisitas pada beberapa otot yang terdapat pada dinding perut. Jadi keluhan nyeri pada pada beberapa bagian saat hamil dapat sedikit teratasi.

  • Melancarkan proses persalinan

Ini merupakan manfaat final dari senam hamil. Menjalani senam hamil secara teratur selama masa kehamilan akan membuat proses melahirkan semakin lancar. Para pakar juga mengatakan, wanita hamil yang menjalani senam maka kesulitan dalam proses melahirkan akan berkurang.

Cara Melakukan Senam Hamil

Cukup banyak bukan, manfaat senam hamil untuk menunjang kelancaran proses melahirkan? Jika Bunda belum pernah melakukannya, mari kita bersama-sama mempelajari gerakan senam hamil. Sesuai namanya, senam ini memang dikhususkan untuk wanita yang sedang hamil yang dilakukan dalam masa tertentu. Memang tidak ada standar khusus kapan senam hamil sebaiknya dilakukan, namun menurut para ahli, sebaiknya senam ini dilakukan setelah kehamilan memasuki usia 22 minggu.

Berikut adalah gerakan senam hamil yang umum dilakukan:

  • Posisi tidur- Posisikan tubuh Anda di atas matras(atau alas lain yang tidak terlalu keras). Letakkan semua kaki di atas kursi dengan posisi pinggang masih di lantai. Kemudian angkat pantat dengan tumpuan siku lengan. Lakukan gerakan ini selama satu menit secara perlahan dalam delapan set latihan.
  • Posisi duduk- Posisikan badan dengan duduk bersila dan duduk tegap. Arahkan kedua lengan menghadap ke depan. Kemudian bungkukkan badan ke depan sampai beberapa derajat, lakukan secara perlahan dan kembali ke posisi tegak.
  • Posisi berdiri- Posisikan tubuh dalam keadaan berdiri. Angkat barbell seberat setengah hingga satu kilogram di samping kepala, kemudian lakukan gerakan mengatupkan kedua lengan dan kembali membukanya secara berulang. Angkat tangan ke atas dan kembalikan ke samping kepala berulang-ulang. Gerakan ini setidaknya dilakukan hingga sepuluh kali.

Cukup mudah bukan melakukannya? Silakan Anda praktekkan gerakan senam hamil tersebut dan semoga manfaat senam hamil akan memperlancar proses kelahiran sang buah hati.

Tinggalkan komentar