Virus Bisa Menyebabkan Kepunahan Umat Manusia ?

Seperti kita ketahui saat ini hampir semua negara di dunia kewalahan menghadapi virus corona Covid-19. Korban meninggal pun semakin bertambah tiap harinya. Padahal secara proses, penularan virus corona Covid-19 hanya melalui percikan/droplet dan kalaupun lewat udara mungkin hanya berjarak 2 meter dari sumber virus, misalnya pasien yang bersin ataupun batuk. Bagaimana jika virus ini bisa bertahan dan terbang di udara dan bisa menularkan lewat udara dengan jarak ratusan atau ribuan kilometer. Tentunya jumlah korban pasti akan lebih banyak dari yang sekarang.

Beruntung virus corona Covid-19 yang sekarang masih bisa di matikan dengan cairan desinfektan semacam alkohol 70%. Lapisan protein perlindung yang ada di dalam virus bisa dihancurkan dengan kandungan alkohol 60% atau lebih. Bagaimana jika di masa depan ada virus yang tidak bisa mati dengan alkohol ataupun cairan desinfektan lain, tentu manusia akan semakin kelimpungan dibuatnya.

Sebelumnya biasanya manusia khawatir dengan isu kepunahan umat manusia lewat tabrakan asteroid raksasa ala film Armagedon, perubahan cuaca ekstrim ala film 2012 atau serangan robot tempur yang di kendalikan AI ala film terminator. Tapi sangat jarang sepertinya orang takut dengan serangan virus yang bisa menyebabkan kepunahan umat manusia. Bahkan film Contagion yang dirilis tahun 2011 pun tidak masuk box office layaknya Armagedon, 2012, maupun Terminator.

Memang sih ada film dan game Resident Evil yang mengisahkan kiamat manusia karena virus yang bisa mengubah manusia menjadi zombie, dan cukup laris di pasaran. Tapi menurut saya sih kurang masuk akal manusia sudah mati terus jadi zombie dan bisa jalan-jalan menyerang orang. Makanya banyak orang menganggap virus bukanlah ancaman serius untuk kelangsungan hidup umat manusia.

Dengan adanya wabah virus corona Covid-19 ini seakan menyadarkan kita semua sebagai umat manusia bahwa serangan virus bisa menyebabkan efek serius bagi kelangsungan umat manusia di bumi. Faktor yang paling mematikan karena ukurannya sangat kecil sehingga tidak terlihat, mampu melakukan replikasi diri secara masif dalam waktu singkat, dan ketika menginfeksi tanpa memberikan gejala apapun di awal. Sehingga manusia yang tidak sadar akan dengan cepat menginfeksi manusia yang lain.

Dan kita tentu pantas merenung, selama ini manusia selalu terlihat angkuh karena bisa menguasai bumi, menguras segala sumber dayanya, merusak alam, menyebabkan polusi, merusak lapisan ozon dan menganggap manusia bisa melakukan apa saja semau mereka tanpa mereka sadar bahwa suatu saat alam bisa juga memberikan pelajaran yang pahit bagi umat manusia. Tentu kita harus menyadari bahwa sehebat-hebatnya umat manusia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi suatu saat mereka juga bisa dikalahkan oleh alam dengan caranya sendiri.

Tinggalkan komentar