Zat Gizi Ini Juga Penting Selama Kehamilan

doktersehat-kehamilan-hamil

Makanan ibu saat hamil tentu dipilih untuk dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin dan untuk kesehatan ibu. Maka dari itu pemilihan makanan ibu hamil harus sesuai dengan apa saja yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Pemilihan makanan yang tepat akan memenuhi kebutuhan berbagai zat gizi yang diperlukan oleh ibu dan janin.

Dari berbagai jenis zat gizi yang perlu mendapatkan perhatian saat kehamilan, salah satu jenis yang mendapat perhatian khusus dari Kementerian Kesehatan RI adalah zinc. Zinc merupakan jenis zat gizi yang penting dibutuhkan oleh janin sejak masa kandungan, setelah kelahiran hingga pertumbuhan hingga balita. Sehingga pemenuhan kebutuhan zinc selama kehamilan akan mendukung generasi Indonesia yang sehat dan bergizi.

Zinc menjadi penting karena merupakan zat gizi yang digunakan sebagai bahan baku pembentukan saraf tubuh dan susunan molekul DNA (satuan pembentuk bagian dasar tubuh) janin. Saraf dan DNA adalah salah suatu bagian vital yang pembentukannya akan memengaruhi organ tubuh janin lainnya. Apabila keduanya dapat terbentuk dengan optimal maka organ dan bagian tubuh lain juga akan terbentuk dengan sempurna. Maka dari itu asupan zinc ibu selama hamil harus terpenuhi.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, selama kehamilan kebutuhan zinc harian ibu bertambah 4 atau 10 gram setiap harinya. Perbedaan angka penambahan tersebut bergantung pada usia kehamilan. Sumber bahan makanan yang kaya akan zinc diperoleh dari bahan makanan berprotein, khususnya protein hewani. Kebutuhan tambahan 4 gram zinc dapat diperoleh dari 100 gram bahan makanan protein hewani misalnya daging ayam, daging sapi atau hati sapi. Angka tersebut dapat dipenuhi dari misalnya 2-3 potong sedang daging sapi. Kebutuhan tambahan 10 gram zinc dapat diperoleh dari misalnya 3-4 potong besar ayam.

Umumnya pemenuhan kebutuhan zinc tidak terlalu sulit dipenuhi karena zinc dapat diperoleh dari makanan protein hewani yang cukup sering dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi tetap perlu diingat bahwa yang perlu diperhatikan adalah penambahan jumlah porsi makanan protein hewani agar kebutuhan zinc ibu dapat terpenuhi.

Tinggalkan komentar